Lagi!! DPKP Inhil Bantu Evakuasi Tawon Di Rumah Warga



Riautodays.com, INDRAGIRI HILIR - Kinerja Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) patut diacungi jempol. Sebab, mereka melayani tidak pernah kenal lelah, hujan, siang ataupun malam. 

Ada panggilan darurat selalu siap siaga memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kali ini, petugas penyelamat mendapat telepon dari warga Perumahan Paret 3 Jln.Taqwa RT 003 RW 004
Kelurahan Tembilahan Hulu, bahwa diatas pohon mangga rumah milik Zulfian ada sarang tawon. 




Atas informasi itu, petugas DPKP Inhil langsung menyiapkan alat pelindung diri (APD) untuk segera melakukan evakuasi hewan berbahaya itu. 

Kepala DPKP Inhil H Eddiwan Shabsy menyebutkan tawon ini hewan kecil tapi dia banyak. Yah, jika terkena sengatan (gigitan) ke badan manusia bisa menimbulkan dampak yang cukup serius.

Drs H Eddiwan Shasby mengatakan dalam melakukan evakuasi Tawon tersebut petugas menurunkan satu mobil Damkar, dan alat pelindung diri didampingi pengawas dan tim medis.

"Menurut pemilik rumah, sarang tawon dipohon mangga sudah mulai membesar dan tawon mulai berterbangan kerumah warga sekitar sehingga dapat mengancam keselamatan warga," kata Kepala DPKP Inhil, Kamis 30 Maret 2023. 

Selain itu, evakuasi tawon dipimpin Komandan Rescue Bravo Regu 3 DPKP Inhil Doni menjelaskan personil butuh waktu sekitar 20 menit menangkap tawon tersebut.  

Kita melakukan evakuasi hasil survey disiang hari dan di malam hari kita eksekusi karena ini tawon vespa sangat berbahaya,Jadi karena letak sarangnya lumayan tinggi, kita mengusir kawanan Tawon Vespa dengan cara memotong ranting pohon," ungkap Doni"

Sarang Tawon Vespa diseset pakai pisau cuma agak ngeri saja karena posisi sarang Tawon Vespa agak jauh dari pijakan,” tambah Doni. 

Sementara itu, pemilik rumah turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim DPKP Inhil yang telah berhasil menangkap tawon diperkarangan rumahnya. 

"Sangat luar biasa, saya selaku warga sangat terbantu dengan respon cepat para anggota DPKP Inhil, semoga pelayanan ini tetap berjalan," harap Zulfian. 

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh tim DPKP Inhil dan tim medis DPKP Inhil walaupun dalam keadaan malam Ramadhan, anggota DPKP Inhil selalu sigap, siap siaga  selalu membantu masyarakat yang membutuhkan," sambungnya. 

Selanjutnya, untuk masyarakat Tembilahan dan sekitarnya apabila ada hewan yang dapat mengancam segera laporkan ke DPKP Indragiri Hilir, nomor kontak DPKP Inhil 076824488 atau langsung ke Mako ( Markas Komando ) DPKP Inhil yang beralamat di Jl SKB Tembilahan. Pelayanannya gratis!!.(*/F) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak