Presiden Joko Widodo Serahkan Simbolis 15.000 SK Perhutanan Sosial Tujuh Kabupaten di Jateng dan Jatim

Riautodays.com
Presiden Joko Widodo Serahkan Simbolis 15.000 SK Perhutanan Sosial Tujuh Kabupaten di Jateng dan Jatim


Riautodays.com,BLORA – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kunjungan Presiden Jokowi tersebut untuk menyerahkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Tentang Perhutanan Sosial kepada anggota masyarakat perhutanan sosial dari 7 Kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Presiden Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri ATR/ BPN Hadi Tjahjanto dan Gubernur Jawa Tengah melakukan kunjungan ke Desa Gabusan Kecamatan Jati Kabupaten Blora , Jawa Tengah. Kedatangan Presiden Jokowi untuk menyerahkan sebanyak 15 ribu Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Tentang Perhutanan Sosial kepada 15.000 anggota masyarakat perhutanan sosial dari 7 Kabupaten. Yakni Kabupaten Blora, Grobogan, Brebes, Pati, Kudus, Rembang Provinsi Jawa tengah, dan Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur.

Penyerahan Surat Keputusan (SK) diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada perwakilan anggota masyarakat. Presiden Jokowi meminta dua perwakilan petani hutan untuk menceritakan manfaat dari diterbitkannya SK dari Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan. Presiden Jokowi juga mendengarkan manfaat perhutanan sosial dari anggota masyarakat langsung.

“Penyerahan SK untk memberikan kepastian mengenai lahan penggarapan perhutani kepada masyarakat, sehingga diterbitkan SK hijau hutan sosial,” ucap Jokowi Jumat (10/3/2023).

Jokowi menambahkan, pemberian SK tersebut untuk memberikan kepastian kepada rakyat yang ingin menggarap hutan. Tetapi harus digarap dengan agroforestry.

“Lahan itu harus digarap dengan agroforestry. Ada tanaman kerasnya. Seperti jati, mahoni, ada jagungnya,ketela pohonnya, ketela rambat, saya kira harus seperti itu. Kalau tidak akan menjadi persoalan yang terus menerus terjadi,”pungkas Jokowi

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, hingga bulan Desember tahun 2022 telah terbit SK Hutan Sosial seluas 5,3 juta hektar. dengan sebanyak 1.150.000 kk.

“Khusus untuk Jawa ada 326.500 hektar bagi 177. 976 kk. Saat ini di Indonesia ada 9.985 kelompok usaha kehutanan sosial dengan kategori kelompok hutan pemula , lanjut, dan mandiri, serta kelompok mandiri dan lanjut sebanyak 986 atau kurang lebih 10 persen,” jelas Siti Nurbaya

Penyerahan SK tersebut, secara simbolis diserahkan Jokowi kepada 20 anggota masyarakat Perhutanan Sosial dengan didampingi Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. 

Hadir pula dalam acara tersebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Grobogan Sri Sumarni, Bupati Blora selaku tuan rumah Arief Rohman, serta Bupati Bojonegoro Anna Muáwanah.(*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak