Tim DPKP Inhil Berhasil Evakuasi Tawon Vespa Yang Bersarang di Sekitar Cafe

Tim DPKP Kab. Inhil

Riautodays.com, TEMBILAHAN - Tim DPKP Kab. Inhil berhasil evakuasi Tawon Vespa yang bersarang di pohon mangga, yang berada diperkarangan sebuah Cafe Halaman yang beralamat di Jln Lingkar 1, Kelurahan Sungai Beringin. Kamis (30/3/2023) malam. 

Kepala Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil, Drs.H.Eddiwan Shasby, M.M mengatakan, sekitar pukul 00.40 Wib seorang pegawai Cafe yang bernama Haldy melihat sarang Tawon Vespa yang bersarang di Pohon mangga depan halaman Cafe dan langsung meminta bantuan ke petugas DPKP Inhil.

"Jadi pelapor menghubungi nomor contacts DPKP Inhil (0768 24488) setelah melihat sarang Tawon Vespa di dekat Cafenya," terangnya.

Haldy yang bekerja sebagai pegawai Cafe Halaman, melaporkan kejadian ini karena khawatir sarang Tawon Vespa itu menyerang pengunjung Cafe, ia pun melaporkannya kepada petugas DPKP Inhil untuk dilakukan evakuasi.

Mendapatkan informasi itu, pihak DPKP langsung turun ke lokasi menggunakan 1 unit mobil TRC dan alat APD dan didampingi tim medis DPKP Inhil. Dan melakukan evakuasi terhadap sarang tawon Vespa yang berada di atas pohon mangga, dengan ketinggian kurang lebih 3 meter.

Hendro selaku Komandan Regu II siaga Piket DPKP Inhil, langsung mengecek dan mempersiapkan perlengkapan serta bergerak untuk mengevakuasinya.

"Kita melakukan evakuasi di malam hari karena lebah ini sangat berbahaya, jadi karena letak sarangnya lumayan tinggi, kita mengusir kawanan Tawon Vespa ini dengan cara memotong ranting pohon," ungkap Hendro.

Evakuasi berjalan sekitar 15 menit. Petugas DPKP Inhil menggunakan tangga untuk menjangkau sarang. Sarang Tawon Vespa kemudian diambil secara manual tanpa dibakar.

"Sarang Tawon Vespa dipotong pakai pisau, cuma agak ngeri saja karena posisi sarang Tawon Vespa agak jauh dari pijakan,” tambah Hendro 

Ia juga menambahkan,  lalu sarangnya dievakuasi dan dipindahkan ke dalam karung. Evakuasi sarang Tawon Vespa sempat mengalami kesulitan lantaran jauhnya posisi sarang lebah dari jangkauan petugas DPKP Inhil.

"Setelah kita evakuasi, sarangnya langsung kita buang ke hutan yang jauh dari pemukiman warga," ujarnya.

Hendro komandan regu 2  menyampaikan, bagi warga yang membutuhkan bantuan evakuasi penanganan sarang tawon, evakuasi ular dan pertolongan lainnya, bisa langsung menghubungi pos pemadam kebakaran dan penyelamatan terdekat. Hendro memastikan segala bantuan dari pemadam kebakaran tak dipungut biaya (Gratis). 

 "Bagi warga yang membutuhkan terkait evakuasi dan pertolongan silahkan hubungi nomor contacts (0768 24488), saya pastikan bantuan dari pemadam tak dipungut biaya (Gratis)," tutupnya. 

Setelah evakuasi sarang Tawon Vespa ini berhasil, Haldy mengucapkan alhamdulillah, terima kasih tim DPKP Inhil yang telah membantu mengusir sarang Tawon Vespa ini, sarang ini sudah bersarang kira kira kurang lebih 1 minggu yang lalu.

"Saya sangat takut, mungkin belum ada korban, karna khawatir saya menghubungi nomor contacts DPKP Inhil untuk meminta bantuan evakuasi, terima kasih tim DPKP inhil, " ucapnya dengan rasa syukur.(***/F) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak