Dan SSK TMMD 116 Kodim 0314/Inhil, Kapten Inf Anwarsyah Siregar Lakukan Penyuluhan Kebangsaan Kepada Warga



Riautodays.comINHILDalam Rangka penanaman rasa cinta tanah air, Satgas TMMD ke-116 Kodim 0314/Inhil melakukan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada warga masyarakat Desa di Pengalihan Keritang, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir, Senin (15/05/2023).

Penyuluhan wawasan kebangsaan disampaikan langsung oleh Dan SSK TMMD 116 Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Anwarsyah Siregar.



Kapten Inf Anwarsyah Siregar menyampaikan bahwa Wawasan kebangsaan adalah cara memandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Kesatuan atau integrasi nasional bersifat kultural dan tidak hanya bernuansa struktural mengandung satu kesatuan ideologi, kesatuan politik, kesatuan sosial budaya, kesatuan ekonomi, dan kesatuan pertahanan dan keamanan,” katanya.

Konsep wawasan kebangsaan adalah komponen yang sangat mendasar bagi bangsa Indonesia. Wawasan kebangsaan adalah konsep yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini.

"Tujuan utama wawasan kebangsaan adalah membangun dan mengembangkan persatuan dan Kesatuan,” tambahnya.

Lebih lanjut Kapten Inf Anwarsyah Siregar menuturkan, makna wawasan kebangsaan ini mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Wawasan kebangsaan mengembangkan persatuan Indonesia sedemikian rupa sehingga asas Bhinneka Tunggal Ika dipertahankan, wasbang tidak memberi tempat pada patriotisme yang licik. Dengan wawasan kebangsaan yang dilandasi oleh pandangan hidup Pancasila, bangsa Indonesia telah berhasil merintis jalan menjalani misinya di tengah-tengah tata kehidupan di dunia.

"NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur bertekad mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir batin, sejajar dengan bangsa lain yang sudah maju,”pungkasnya.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak