Datok Seri H Said Syarifuddin Ketua LAMR Inhil Jadi Narsum IHT-P5 Sekolah Penggerak SMAN 1 Gaung



RIAUTODAYS, Indragiri Hilir - Datok Sri H Said Syarifuddin, SE., MP., M.Sn Ketua Lembaga Adat Melayu Riau ( LAMR ) Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, memenuhi undangan menjadi pembicara/narasumber kegiatan In House Training ( IHT ) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) di Sekolah Penggerak Angkatan 3 SMA Negeri 1 Kecamatan Gaung, Minggu (8/10/2023).

Agenda In House Training Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang di langsungkan selama sehari ini mengangkat tema kearifan lokal "Prosesi Pernikahan Budaya Melayu".




Untuk mempertajam penjelasan terkait tema Prosesi Pernikahan Budaya Melayu ini. Ketua LAMR Kabupaten Inhil didampingi pula oleh beberapa pengurus LAMR sebagai narasumber pendamping, yakni diantaranya Datok Raja Indra Maulana Datok Said Arifin Ketua LAMR Tembilahan, Datuk Ahmadi Japun Kabid Kebudayaan Dinas Parporabud Inhil.

Dalam jadwal acara disusun secara baik tentang tahap demi tahap Prosesi Pernikahan Budaya Melayu, yakni mulai dari ;

1.Pengenalan Prosesi Adat Melayu
2.Prosesi sebelum pernikahan
3.Prosesi Persiapan pernikahan
4.Dan Prosesi setelah perkawinan

Selain itu, didalam kegiatan ini, LAMR Inhil juga menambahkan secara umum tentang tata cara berpakaian Melayu yang sesuai dengan pakem kemelayuan.

Datok Sri H.Said Syarifuddin, SE.,MP.,M.Sn Ketua LAMR Inhil menjelaskan bahwa Melayu itu tidak dimaknai secara sempit terkait kesukuan saja. Namun Melayu dalam latar belakang budaya kemelayuan serumpun dipandang dari ke Islaman. Didalamnya beragam suku, seperti Banjar, Jawa, dan lainnya itu. Adalah Bangsa Melayu.

Selain itu Datok Sri H. Said Syarifuddin juga memotivasi para peserta, agar giat belajar dan menumbuhkan rasa percaya diri.

"Kita jawab tantangan zaman ini, dengan membangkitkan semangat untuk terus belajar. Jangan malu jadi anak kampung, tunjukkan bahwa kita mampu. Termasuk jangan malu membawa dan memperkenalkan budaya kita sendiri," nasehatnya.

Acara ini dibuka langsung Kepala Sekolah SMAN 1 Gaung Ilfi Apriadi juga dihadiri Camat Gaung Yuliargo, Datuk Said Husin, SPd ketua LAMR Kec. Gaung dan beberapa pengurus.

Diakhir acara, dilangsungkan acara tanya Jawab secara interaktif serta kuis digital yang diikuti oleh peserta pelajar. Pemenang mendapatkan hadiah berupa dorprize dari Panitia yang diserahkan oleh Datok Sri H Said Syarifuddin, SE., MP., M.Sn Ketua LAMR Kabupaten Inhil.






Sumber : Sekre LAMR Inhil.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak