Ketua PWDPI Inhil Indra Syahputra Pinta Pj Bupati Petakan Peluang Potensi Daerah Guna Maksimalkan PAD

Andi Darma Taufiq


RIAUTODAYS, TEMBILAHAN - Ketua Dewan Pengurus Cabang Persatuan Wartawan Duta Pena Indonesia (DPC-PWDPI) Inhil Indra Syahputra memberikan respon positif atas gebrakan yang dilakukan oleh Pj Bupati Inhil Herman atas keinginan nya untuk merapikan APBD Inhil sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Daerah dalam mengelola keuangan agar bisa di manfaatkan semaksimal mungkin demi kemajuan Inhil kedepan. 

Indra Syahputra mengatakan selain merapikan APBD Inhil, dirinya juga berharap potensi yang dimiliki kabupaten yang di juluki negeri seribu parit tersebut sebenarnya bisa di manfaatkan oleh pemkab inhil dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) sehingga kondisi defisit keuangan pemerintah dapat di mininalisir.

"Kita berharap kepada Pj Bupati yang menjabat dapat mengelola potensi kelautan yang kita miliki, karena wilayah kita berada di pesisir yang berbatasan langsung dengan negeri tetangga, " ujar Indra, Senin, 27/11/2023.

Indra menambahkan kawasan pesisir selain berpotensi terhadap pemanfaatan hasil laut juga dapat di jadikan jalur lintas perdagangan antar pulau bahkan antar negara sehingga potensi sumber daya alam tersebut dapat dijadikan peluang dalam menambah pendapatan asli daerah. 

"Akan lebih baik lagi jika Pak Bupati segera melakukan konsolidasi kepada seluruh stake holder terkait seperti dinas perhubungan laut, Pelindo serta KSOP untuk memetakan potensi-potensi yang dimiliki." harap Ketua PWDPI. 

Senada dengan hal tersebut Andi Darma Taufik salah satu Anggota DPRD Provinsi Riau dari partai PDIP saat di konfirmasi awak media ini senin, 27/11/2023, juga mengutarakan hal yang sama terhadap potensi dan sumber daya daerah yang dimiliki negeri hamparan kelapa dunia tersebut. 

Menurut Andi Darma Taufiq pemerintah kabupaten Indragiri hilir segera melakukan kajian-kajian sebagai program awal untuk memetakan potensi sumber daya alam agar pendapatan daerah dapat di tingkatkan.  

Dirinya menjelaskan ada peluang serta potensi pendapatan daerah yang belum optimal yang dilakukan seperti konsesi  Alur perairan yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dalam bentuk Perda atau perbup sehingga dengan aturan tersebut potensi pendapatan daerah dapat di maksimalkan. 

Masih menurut Andi, perairan Inhil yang Notabene adalah jalur pendistribusian barang dan orang dengan menggunakan kapal dan speedboat di sepanjang jalur sungai merupakan potensi bagi daerah inhil itu sendiri. 

"Kita memiliki potensi itu untuk menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD), hanya tinggal bagaimana kita menyusun langkah dan strateginya saja lagi, " tutup Andi.(***)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak