BPS Inhil Rilis Hasil Sensus Pertanian 2023



RIAUTODAYS, Inhil - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengumumkan hasil Sensus Pertanian 2023 (ST2023) Tahap I dan Penyerahan hasil evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral bahkan ST2023 yang merupakan sensus pertanian ketujuh yang dilakukan BPS sejak tahun 1963, kegiatan ini berlangsung di salah satu hotel di Tembilahan, Kamis (14/12/2023) Pagi. 

Sensus pertanian menjawab kebutuhan data di level nasional maupun level Global dengan mengacu kepada program FAO.

Adapun dengan tujuannya menyediakan data mengenai struktur pertanian Nasional hingga level wilayah terkecil dan desain grafis istilah dan menyediakan kerangka sampel pertanian yang mutakhir sebagai dasar untuk pertanian selanjutnya yang mengumpulkan suatu tipe pertanian lebih tinggi bahkan Sebagai benchmark dan Rival budaya yang ada. 




Kepala BPS Inhil, Sudiro, S.St, M.Si., mengatakan ST2023 bertujuan menyediakan data struktur pertanian, terutama unit-unit administrasi terkecil, menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian saat ini, dan menyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian lanjutan.

“Data ST2023 diharapkan mampu menjadi rujukan dalam penyusunan kebijakan strategis sektor pertanian, sehingga meningkatkan kualitas desain kebijakan yang diformulasikan,” ujar Sudiro, S.St, M.Si.

 Ia juga menegaskan, bahwa data ini akan digunakan sebagai dasar dalam menentukan arah kebijakan pembangunan, mulai dari perencanaan tingkat Desa, tingkat Kecamatan, hingga tingkat Kabupaten.

“Dengan adanya acuan data yang valid, kebijakan pemerintah dapat menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani,” tegasnya

Kegiatan dihadiri Pj Bupati, sekaligus Perwakilan Intansi di Inhil dan awak media. dan di akhir acara dilakukan penyerahan cendramata. (*/M) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak