Pasca Longsor di Tanah Merah, Pemerintah Kelurahan Berharap Masyarakat Tidak Membangun Kembali Rumah di Tepian Sungai, Ada Relokasi

Foto detik-detik peristiwa Tanah Longsor di Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Sabtu (16/12/2023) Malam.


RIAUTODAYS, Inhil (Tanah Merah) - Peristiwa tanah longsor lagi-lagi terjadi di Kecamatan Tanah Merah, tepatnya di Jalan M. Boya Rt 01 Rw 01, Kelurahan Kuala Enok. Bencana alam akibat pengikisan tanah atau abrasi ini terjadi sebelumnya sudah memberikan tanda-tanda pergerakan, pada Jum'at (16/12/2023) Malam, pukul 23.00 Wib. 

Hal ini disampaikan oleh Lurah Kuala Enok, Teuku Muhammad, SH melalui Whatsappnya, Minggu (17/12) Beliau menjelaskan bahwa tanda-tanda bencana ini sudah terjadi di malam Sabtu dan tepatnya malam Minggu kejadian, yang mengakibatkan 2 fasilitas umum yaitu 1 buah Masjid yang sudah tidak difungsikan lagi dan 1 tempat TPQ, serta 6 buah rumah yang hanyut.

"Tidak ada korban jiwa, pada peristiwa bencana alam ini, harapan kami sebagai pemerintah kelurahan, pasca bencana ini agar masyarakat tidak lagi membangun kembali rumah ditepi laut. Pemerintah pusat, Propinsi dan Kabupaten melalui Dinas BPBD, Perkim telah menganggarkan relokasi perumahan untuk korban yang mengalami longsor dengan membuat kesepakatan, dan siap untuk direlokasi ketempat yang sudah ada," ujarnya. 

Dan harapan beliau mewakili dari pemerintah kelurahan dan Masyarakat, agar Pemerintah Pusat, Propinsi, melalui aspirasi dewan dapat mengganggarkan Turap beton untuk pesisir rawan longsor yang sudah sering kami masukan dalam Musrenbang Kelurahan maupun Kecamatan untuk segera di tanggapi. 

Foto pasca peristiwa Tanah Longsor di Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Minggu (17/12/2023).

Berikut ini daftar nama 6 Kepala Keluarga yang rumahnya mengalami rusak berat akibat abrasi :

1. Yurnalis (Kepala Keluarga)

2. Gusyanto (Kepala Keluarga)

3. Ali nur rusli (Kepala Keluarga)

4. Al jupriadi (Kepala Keluarga)

5. Kho min (Kepala Keluarga)

6. Fadlan efendi (Kepala Keluarga)

Sedangkan 2 fasilitas umum diantaranya adalah:

1. 1 unit Masjid Nurul Jalal

2. 1 unit Majlis Ta'lim Bundo Kanduang

Diperkirakan kerugian yang ditaksir dari peristiwa bencana alam ini, kurang lebih sekitar Rp.2.000.000.000 (dua miliar rupiah). (Red) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak