Polsek Enok Edukasi Masyarakat Tentang Pemilu Damai dan Waspada Politik Campaign



RIAUTODAYS, ENOK - Menjelang pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) serentak yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pusaran, AIPTU Simanungkalid bersama sejumlah personil Polsek Enok gencar melaksanakan giat operasi mantap brata (OMB) Lancang Kuning 2023-2024, Jum'at (22/12/2023) pagi.

Bhabinkamtibmas AIPTU Simanungkalid juga menyelipkan kegiatan rutin cooling down system dan himbauan serta edukasi tentang pemilu damai 2024 saat berjumpa dengan masyarakat di Kelurahan Pusaran, Kecamatan Enok, Indragiri Hilir (Inhil).

Masyarakat setempat terlihat antusias bertanya dan tampak sangat dekat sekali dengan AIPTU Simanungkalid dan Personil dari Polsek Enok. Sesekali juga terjadi pembicaraan serius dalam pertemuan tersebut.

Salah seorang warga, Kadir (52 tahun) sempat bertanya kepada AIPTU Simanungkalid tentang apa saja yang perlu dihindari saat ada kampanye oleh seorang calon legislatif (caleg) ataupun kontestan pemilu 2024.

Menurut Bhabinkamtibmas Kelurahan Pusaran AIPTU Simanungkalid bahwa satu hal yang mesti dihindari pada saat kampanye adalah apabila ada seorang caleg yang mengajak masyarakat berpolitik namun dengan cara black campaign.

"Politik black campaign itu tidak baik dan tidak sehat, kita harus mengerti bahwa politik itu adalah cara mencapai tujuan secara sehat, tidak boleh menyudutkan atau menjelekkan calon lain," ujarnya memberikan edukasi kepada Kadir dan masyarakat yang hadir lainnya.

Selain itu, AIPTU Simanungkalid juga menjelaskan jika ada temuan money politik yang dilakukan seorang caleg ataupun tim sukses pada saat kampanye, Masyarakat harus segera melaporkan.

"Kalau ada yang melakukan money politik laporkan segera kepada Panitia Pengawas Kecamatan atau Kepolisian setempat," pesan AIPTU Simanungkalid ke masyarakat.

Terakhir Bhabinkamtibmas Kelurahan Pusaran menghimbau kepada masyarakat yang hadir untuk bisa sama-sama menjaga perdamaian, apalagi menjelang pemilu 2024.

"Salah satu caranya adalah menolak informasi yang hoaxs, menyebarkan informasi yang tidak bisa di pertanggungjawaban kebenarannya, kita semua harus teliti dalam menyikapi segala sesuatu," tutup AIPTU Simanungkalid, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pusaran, Kecamatan Enok.(*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak