Pusbintal TNI Gelar Pembekalan Mental untuk Satgas Pengamanan Perbatasan Statis RI – Papua New Gini di Yonif 131/BRS


RIAUTODAYS, Payakumbuh - Pusat Pembinaan Mental (Pusbintal) TNI memberikan pembekalan mental kepada 350 Prajurit Satgas Pengamanan Perbatasan Statis RI – Papua New Gini di Yonif 131/Braja Sakti Payakumbuh Sumatera Barat, Rabu, 15/5/2024 bertempat di Aula Braja Bhaladika Yonif 131.  

Acara yang mengusung tema “Mental Tangguh Kunci Sukses Dalam Tugas Operasi” di hadiri langsung oleh Wadan Yonif 131/BRS Kapten Inf Reza Nugraha S.ST.Han, Para Komandan Kompi, Para Perwira Seksi, Ibu-bu Persit Kartika Candra Kirana.

Kapusbintal TNI Laksma TNI Drs. Ian Hariyawan, CHRMP selaku narasumber yang diwakili Kepala Bidang Ideologi Kolonel Caj. Muftiono, S, Ag, M, A. dalam ceramahnya menyampaikan pembekalan ini selain memiliki makna strategis, juga dalam rangka meningkatkan kualitas mental prajurit TNI, khususnya bagi prajurit Yonif 131/BRS, sebelum melaksanakan Satgas Pamtas Statis RI. Adapun materi pembekalan ini meliputi empat komponen bintal yakni bintal Rohani, Idiologi, Kejuangan, dan bintal Kejiwaan.

Kolonel Caj. Muftiono menambahkan tugas operasi merupakan amanah, kehormatan, penghargaan dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan menjaga harkat dan martabat sebagai prajurit sejati. selain itu komunikasi dengan keluarga terutama istri yang ditinggal tugas operasi harus dibangun dengan baik, ini adalah bentuk cinta kasih dan rasa sayang keluarga.

Kolonel Muftiono berharap agar setiap tugas yang diemban dilaksanakan dengan ikhlas, konsisten, istiqomah dan banyak berdoa serta diniatkan  untuk ibadah kepada Tuhan YME.


Sementara Komandan Yonif 131/BRS Letkol Inf Andit Franata S.IP. dalam sambutan pengantarnya yang diwakili Wadanyonif 131/BRS Kapten Inf Reza Nugraha mengucapkan selamat datang dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan pembekalan Bintal TNI.  Menurutnya Bintal memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun mental prajurit serta persit karena didalamnya terdapat keimanan, ketaqwaan, nasionalisme, militansi serta sehat secara psikis. 

Selain itu bintal juga dapat menangkal radikalisme sehingga mampu menciptakan lingkungan yang sapta marga yang dapat dijadikan sebagai panutan dan pendorong pembentukan watak serta kepribadian sebagai prajurit pejuang maupun persit yang menjadi contoh dalam kehidupan sehari-hari, papar Danyonif 131/BRS.

Komandan Yonif 131/BRS yang merupakan Alumnus Akmil 2004 tersebut dalam teks sambutanya berharap agar pembekalan mental ini selain tetap dilaksanakan secara kontinyu dan berkesinambungan, Para prajurit juga harus memegang teguh dan mengaplikasikan di medan tugas secara baik.

Pembekalan bintal yang diawali dengan Ice Breaking oleh Letkol Sus Giyanto (Kasubbid Bangmat Bidbintalid Pusbintal TNI) ini berlangsung menarik, antusias dan komunikatif, hal ini ditandai dengan beberapa pertanyaan yang disampaikan para peserta dan kuis menarik yang diberikan oleh narasumber.


Diakhir acara Tim Pusbintal TNI menyebarkan angket/daftar pertanyaan kepada peserta sebagai upaya untuk mengukur/mengetahui indikator keberhasilan dalam pelaksanaan Pembekalan.  Angket ini berupa pilihan, tanggapan/penilaian terhadap materi dan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat aplikatif, dengan harapan dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif terhadap keberhasilan pelaksanaan tugas operasi. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak