Swasembada Pangan, Pj Bupati Inhil Tinjau Penggilingan Padi Masyarakat Gapoktan Bina Tani


Ket foto: Pj Bupati Inhil, Haji Herman, saat mengunjungi ricemilling/penggilingan Padi Gapoktan Bina Tani, Desa Seberang Pembenaan, Kecamatan Keritang, pada Senin malam, (03/06/2024).

RIAUTODAYS, Inhil (KERITANG) - Dalam perjalanan pulang dari kunjungan kerja di Kecamatan Reteh, Pj Bupati Indragiri Hilir, Haji Herman meninjau gudang penggilingan padi masyarakat.

Peninjauan ricemilling/penggilingan Padi yang di kelola oleh Gapoktan Bina Tani, Desa Seberang Pembenaan, Kecamatan Keritang, pada Senin malam, (03/06/2024).

Saat melakukan peninjauan, Pj Bupati Inhil didampingi Kadis Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Umar serta kadis DP2KBP3A.

Pj Bupati Inhil mendapat penjelasan dari pengurus Gapoktan Bina Tani terkait lumbung pangan yang di kelola secara swakelola oleh kelompok Gapoktan Bina Tani.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati lebih banyak memberi arahan agar lumbung pangan dan penggilingan padi ini betul betul di kelola dan dimanfaatkan dengan baik.

"Semoga dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani dan anggota kelompok," kata Haji Herman.

Ricemilling milik Gapoktan Bina Tani tergolong bagus yang memiliki mesin yang canggih dengan hasil produksi rata rata dalam satu hari mampu menghasilkan 7 ton beras dengan hasil premium.

"Kedepan nya ricemilling ini juga akan memproduksi tepung beras," kata Herman.

Untuk itu, Haji Herman mengharapkan dari hasil para petani ini yang menghasilkan gabah tidak keluar dari wilayah Kabupaten Indragiri Hilir. 

"Artinya dinikmati Masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir sendiri dan kita ingin swasembada pangan," 

“Dimana langkah pertama kita kedepan akan kita himbau dengan surat edaran kepada seluruh PNS dilingkungan Pemda Inhil untuk membeli beras dari hasil petani kita dengan harga yang sesuai dipasaran,"

"Dengan begitu sedikit bisa mensejahterakan petani kita sendiri, Jadi tidak ada gabah atau beras keluar dari Kabupaten Indragiri Hilir. Sehingga sedikit membantu petani kita.," harapnya (*/Adv)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak