Desa Sungai Raya Sukses Salurkan BLT Juni s/d Juli dan Bagikan Insentif Bersumber dari Dana Desa


RIAUTODAYS, Inhil (Sungai Raya) - Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Raya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) untuk bulan Juni s/d Juli serta Pembagian Insentif bersumber dari Dana Desa, di GOR Desa, Jum'at (12/7/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Sungai Raya, Kartiniwati, ST beserta perangkat dan staf desa, BPD, Pendamping DMIJ dan P3MD, Bhabinkamtibmas Desa Sungai Raya, Camat Batang Tuaka diwakili PLH kasi Tapem  yang juga Lurah Sungai Piring, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda, Rektor Unisi serta Mahasiswa KKN STAI Auliaurrasyidin Tembilahan.


Kepala Desa Sungai Raya dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai program tindak lanjut dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

"Bantuan Langsung Tunai Dana Desa adalah kegiatan pemberian bantuan langsung berupa dana tunai yang bersumber dari Dana Desa kepada keluarga penerima manfaat dan diputuskan melalui musyawarah Desa sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem," ujarnya.

Ia juga memaparkan bahwa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa bagi keluarga miskin ekstrem merupakan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. 

"Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan keluarga miskin ekstrem di Desa. Besaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang diberikan kepada keluarga miskin ekstrem berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dialokasikan maksimal 25% (persen) dari total pagu Dana Desa setiap Desa," pungkasnya.


Sebelum dilakukan penyaluran tersebut, Rektor Unisi, Dr Najamuddin juga melakukan sosialisasi tentang salah satu program Unisi, yaitu "Unisi Mengabdi" yang mana masyarakat desa yang berkeinginan melanjutkan pendidikan sarjana cukup dengan hanya 2 tahun bisa menyandang gelar sarjana (S1) yaitu dengan mengikuti yang namanya jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) atau juga bisa disebut dengan jalur pengakuan dan juga persyaratannya sangat mudah.

Untuk diketahui, kegiatan yang di mulai sekitar pukul 09.00 WIB itu, berlangsung aman, lancar dan sukses hingga selesai, masyarakat taat mengantri sesuai daftar nama yang mendapatkan bantuan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak