Puskesmas Sungai Raya Sosialisasi Hygiene Sanitasi dan Intensifikasi Penyakit Kusta Frambusia di Desa Pasir Emas


RIAUTODAYS, Inhil (Pasir Emas) - Puskesmas Sungai Raya mengadakan kunjungan ke Desa Pasir Emas, dalam rangka Sosialisasi Hygiene Sanitasi dan Intensifikasi Penyakit Kusta Frambusia, serta Demo Masak Berbahan Basis Pangan Lokal.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa  tempat berbeda, diantaranya Sekolah MI Nurul Iman dan SDIT,  Kantor Desa Pasir Emas, Kamis (25/7/2024).

Peserta yang mengikuti Ibu Balita, Ibu Hamil KEK, Ibu Menyusui, dan Anak SD serta keluarga beresiko Stunting lainnya.

Mintauli Trioctavia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi Keluarga Resiko Stunting, tentang Makanan dengan gizi seimbang yang sesuai dengan siklus kehidupan.

"Serta juga meningkatkan keterampilan masyarakat terutama ibu-ibu dalam pengolahan bahan pangan lokal yang kaya kandungan gizi," ungkapnya.

Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta di harapkan memahami makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi masing-masing usia, dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Sehingga masyarakat di wilayah Desa Pasir Emas mengerti menjaga pola makan yang bergizi," jelas Nofila Putri Lestari, SKM.


Disisi lain menurut Hanipah AMK, Intensifikasi penyakit Kusta Frambusia ini dilakukan untuk survey dan mencegah terjadinya penyakit tersebut dan menganjurkan anak-anak sekolah untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat.

Selanjutnya Arneta Harahap menambahkan penyehatan lingkungan dan perorangan mengenai hygiene Sanitasi sekolah diantaranya penggunaan air bersih, pemanfaatan tempat sampah, penggunaan jamban sehat dan cuci tangan pake sabun dengan air mengalir.

"Semoga sosialisasi ini bermanfaat bagi anak-anak di lingkungan sekolah agar terus menjaga pola hidup sehat dan bisa terhindar dari penyakit menular," pungkasnya.

Untuk diketahui bersama, kegiatan terkoordinasi dengan baik, dimulai dengan sosialisasi yang dilakukan Puskesmas Sungai Raya disekolah MI Nurul Iman dan SDIT serta dilanjutkan demo masak berbahan basis pangan lokal oleh Kader Posyandu di kantor Desa.

Turut hadir Pemerintah Desa Pasir Emas, Kader Posyandu, Mahasiswa KKN STAI Auliaurasyidin dan Mahasiswa KKN Universitas Riau. (Adv)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak