Dibuka Pj Bupati Inhil Herman, PPWI Inhil Gelar Diklat Jurnalistik Tingkat Pelajar dan Mahasiswa

 Pj Bupati Inhil, Haji Herman saat mendapatkan Penghargaan Internasional dari PPWI

Riautodays, Indragiri Hilir - Bertemakan menulis cepat ala Jurnalis profesional, Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengadakan Diklat Jurnalistik tingkat pelajar dan mahasiswa. 

Diklat secara resmi dibuka oleh Pj Bupati Inhil H Herman dan acara semakin istimewa dengan hadirnya Ketua Umum (Ketum) Wilson Lalengke, sekaligus menjadi pemateri menulis cepat ala Jurnalis profesional dan mudah dipahami oleh pembaca, Rabu (4/8/2024).

Pelatihan yang dihadiri dari perwakilan sekolah dan mahasiswa diantara perwakilan SMA N 1 Tembilahan, SMA 2 Tembilahan, SMA 1 Tembilahan Hulu , MAN 1 Inhil, SMK N 1 Tembilahan , SMKN 2 Tembilahan, UNIVERSITAS ISLAM INDRAGIRI , STAI AULIAURRASYIDIN Tembilahan. 

Pelatihan diadakan sebanyak dua sesi. Pada sesi pertama, Wilson Lalengke memberikan pemahaman untuk sistematika penulisan berita. 

Sedangkan disesi kedua, ia menjelaskan terkait kiat-kiat penulisan berita yang efektif. Kalimat efektif yang dimaksud adalah kata-kata yang ringkas, padat, jelas, lengkap, dan cermat.

Untuk pemahaman yang lebih, para peserta pun langsung praktek dengan diberikan waktu menulis berita dan setelahnya dikoreksi bersama.

Seluruh peserta tampak semangat untuk membuat berita, hasil berita menarik akan diberikan hadiah dan juga diterbitkan. 

"Pelatihan jurnalistik ini, untuk membuka wawasan dan pengetahuan para siswa, mahasiswa, yang mana pesan yang kita sampaikan sangat bermanfaat dan berguna, untuk digunakan dalam praktik serta dapat diaplikasikan dalam penulisan berita nanti, " ujar Wilson Lalengke.

Salah satu peserta sekaligus mahasiswa Universitas Islam Indragiri, Rusliana, merespon dengan baik kegiatan ini. Dia berharap bisa mendapatkan pemahaman terkait dasar-dasar penulisan jurnalistik.

Selain itu, ia juga ingin mengetahui hal-hal yang diperhatikan dalam membuat berita yang menarik pembaca.(*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak