Dinkes Inhil : Begini Cara Masyarakat Melindungi Generasi Indonesia dari Ancaman Polio, Yuk Ikuti!


RIAUTODAYS, Indragiri Hilir - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menyampaikan cara masyarakat untuk melindungi generasi Indonesia dari Ancaman Polio, Sabtu (13/7/2024).

Polio, singkatan dari Poliomyelitis, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus poliovirus. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, terutama anak-anak, dan dapat mengakibatkan dampak serius seperti kelumpuhan permanen. Saat ini, belum ada pengobatan spesifik untuk polio, sehingga penanganannya hanya bersifat suportif.

Fakta Penting tentang Polio:


Polio dapat menginfeksi semua umur, namun anak-anak adalah kelompok yang paling rentan. Sekitar 1% dari individu yang terinfeksi polio akan mengalami kelumpuhan permanen. Dampak ini tidak hanya mempengaruhi kualitas hidup mereka, tetapi juga keluarga dan masyarakat di sekitarnya.

Pencegahan Melalui Tindakan Bersama

Pencegahan adalah langkah terbaik dalam mengatasi polio. Salah satu cara paling efektif adalah dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta menjalani imunisasi secara rutin. Imunisasi adalah upaya yang telah terbukti efektif dalam melindungi individu dari penyakit ini.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kita dapat memulai langkah pencegahan dengan mendukung program imunisasi terutama dengan vaksin IPV (Inactivated Poliovirus Vaccine). Langkah ini tidak hanya melindungi anak-anak dari polio, tetapi juga merupakan investasi dalam masa depan kesehatan mereka.

Sukseskan Program Imunisasi Polio

Pada bulan Juli 2024, pemerintah telah merencanakan program Pentingnya Imunisasi Nasional (PIN) Polio. Program ini memerlukan dukungan penuh dari masyarakat untuk memastikan semua anak mendapatkan vaksinasi yang tepat waktu dan lengkap. Keterlibatan aktif kita semua dalam program ini adalah kunci keberhasilan untuk mencegah penyebaran polio di Indonesia.

Bersama, Kita Mencegah Polio untuk Generasi Indonesia yang Sehat


Mencegah polio bukan hanya tanggung jawab individu atau keluarga, tetapi tanggung jawab bersama sebagai masyarakat Indonesia. Dengan kesadaran akan pentingnya imunisasi dan praktik PHBS, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan sehat bagi generasi mendatang.

Mari kita bergandengan tangan dalam menjaga kesehatan anak-anak Indonesia dari ancaman polio. Dengan melakukan imunisasi tepat waktu dan mendukung program pemerintah, kita berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik, di mana setiap anak dapat tumbuh dan berkembang tanpa rasa takut akan polio.

Bersama-sama, kita mencegah polio untuk generasi Indonesia yang sehat!

Dengan langkah-langkah konkret ini, mari kita wujudkan Indonesia bebas dari polio dan memastikan bahwa masa depan anak-anak kita terlindungi dari penyakit ini yang dapat dicegah. (Adv)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak