Pemkab Kuansing Komitmen Lestarikan Tradisi Budaya Melayur Jalur di Desa Kasang


RIAUTODAYS, Kuansing - Pemkab Kuansing akan terus melestarikan tradisi budaya masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi melalui kegiatan melayur jalur di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing, Riau. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dalam menjaga dan mengembangkan budaya daerah, Selasa (06/8/2024).

Tradisi melayur jalur ini telah lama dijaga oleh masyarakat Kuansing, di mana perahu-perahu hias yang dikenal sebagai jalur diarak dengan penuh semangat dan kekompakan oleh para pendayung, Acara ini bukan sekedar menjadi ajang hiburan saja, tetapi juga mempererat hubungan sosial dan budaya di antara sesama warga. 

Jalur-jalur yang dihiasi dengan warna-warni yang berbeda-beda menjadi pemandangan yang memukau bagi penonton didalam daerah maupun mancanegara, Itu tanda mencerminkan semangat gotong royong dan kebersamaan masyarakat Desa Kasang.

Kehadiran Datuak Panglimo Dalam Suhardiman Amby Bupati Kuansing dan Pejabat tinggi lainnya menunjukkan dukungan penuh pemerintah didalam melestarikan untuk mengembangkan tradisi dan melestarikan tradisi lokal ini, melalui momen melayur jalur. 

Pemerintah Kabupaten Kuansing bukan sekedar hanya ingin menjaga warisan budaya, tetapi juga menjadikannya sebagai daya tarik wisatawan luar dari berbagai mancanegara yang dapat meningkatkan perekonomian daerah. Tentunya Partisipasi aktif dari masyarakat setempat juga menjadi kunci keberhasilan acara ini, menunjukkan bahwa tradisi melayur jalur masih dijaga.

Pemerintah kabupaten kuantan Singingi berharap acara melayur jalur di Desa Kasang dapat berlangsung meriah dan sukses, memperkuat identitas budaya daerah, serta menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menyaksikan kekayaan budaya Kuansing. 

Dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat, tradisi ini diharapkan terus hidup dan menjadi kebanggaan bersama. Kegiatan ini juga menjadi momentum penting untuk mengingatkan kembali nilai-nilai kebersamaan, kerja sama, dan cinta dengan budaya lokal.

Melalui dukungan dari pemerintah dan antusiasme masyarakat, tradisi melayur jalur diharapkan dapat terus berlanjut dan berkembang, memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah, baik dari segi budaya maupun ekonomi. Acara ini tidak hanya memperkaya Festival Pacu Jalur tetapi juga memperkuat upaya bersama dalam membangun masyarakat yang cerdas, dan berbudaya.( Infotorial/Depri)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak