Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri, Berhasil Tangkap 3 Terduga Teroris di Perumahan Bunga Tanjung Junrejo Kota Batu

Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri bersama Polda Jatim dan Polres Batu, saat tenga melakukan pengamanan di Perumahan Bunga Tanjung, di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Batu, Kota Batu, usai penangkapan terduga teroris. (Yan)

RIAUTODAYS, Kota Batu - Tim Datasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror dari Mabes Polri berhasil menangkap seorang terduga teroris di salah satu perumahan, yang berlokasi di Jalan Hasanudin, Gang 26, RT.2, RW.8, Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Batur, Kota Batu, pada Rabu (31/7/2024) malam.

Usai melakukan penangkapan, Tim berlogo burung hantu ini bersama Polres Batu, dan Polda Jatim langsung mengamankan lokasi dengan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Tampak beberapa petugas gabungan berjaga-jaga di lokasi dengan memasang garis Polisi, agar tempat tersebut steril dan tidak ada masyarakat yang melintas, hingga proses pendalaman lebih lanjut.


Pantauan awak media di lapangan, tampak kondisi kompleks perumahan itu terlihat sepi dari biasanya, namun hanya sesekali terlihat aktivitas beberapa warga yang tinggal berlalu lalang.

Saat ini petugas gabungan tengah melakukan olah TKP, di lokasi juga terlihat satu mobil Tim Gegana serta petugas dari Polres Batu dan Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri berada di lokasi.

Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Rudi Kuswoyo, S.H membenarkan informasi soal adanya penangkapan terduga teroris yang dimaksud.

Saat dikonfirmasi wartawan dirinya menyatakan, bahwa secara teknis penangkapan itu merupakan ranah Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri.

“Ya, benar tadi malam ada penangkapan terduga teroris di Dusun Jeding, Desa Junrejo, kami hanya diminta untuk membantu mengamankan lokasi, tapi untuk lebih jelasnya rekan-rekan media bisa langsung tanya ke pihak Densus 88," jelas AKP Rudi, Kamis (1/8/2024).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Junrejo, Andi Faisal Hasan, saat dikonfirmasi juga membenarkan informasi tersebut. 

Anggota APEL itu menyebut, bahwa perumahan itu ditempati oleh pendatang yang bukan warga masyarakat asli Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

“Ya benar, tapi saya kurang paham, informasinya katanya memang pendatang. Tapi, identitasnya siapa, saya belum tahu. Jujur saya kaget mendengar informasi kalau ada terduga teroris yang ditangkap tadi malam,” tandas Faisal sapaan akrabnya.

Sebagai informasi, setelah beberapa hari Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri melakukan serangkaian penyelidikan, berkaitan dengan dugaan adanya dugaan teroris di wilayah Kota Batu, bahkan Polda Jatim dan Polres Batu juga langsung turun membantu pengamanan proses penyelidikan, hasilnya petugas gabungan berhasil mengamankan 3 orang terduga teroris diantaranya 2 orang pria dan 1 orang wanita.

Berdasarkan keterangan sumber dari Polda Jatim, ke 3 terduga teroris sudah 1,5 tahun tinggal di perumahan tersebut dengan menyewa salah satu rumah di perumahan Bunga Tanjung, RT.2., RW.8, Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Selama proses penyelidikan yang dilakukan, lokasi sekitar perumahan terduga ditutup untuk sterilisasi. Dari keterangan yang didapat sekitar lokasi kejadian, beberapa warga sekitar lokasi, menerangkan jika mereka (terduga teroris-red) tidak pernah bersosialisasi, dan warga juga tidak mengetahui secara pasti apa pekerjaan ke 3 orang terduga teroris yang dimaksud. 

Dalam proses penyelidikan, Tim Gabungan yang terdiri  Gegana Polda Jatim, Sublapfor Polda Jatim, Sat Brimob Polda Jatim serta personil Polres Batu juga turun dengan terjun langsung ke lokasi. (Eko S)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak