Haji Herman Dengar Langsung Suara Pedagang saat Blusukan di Pasar Guntung


RIAUTODAYS, KATEMAN - Diarak oleh simpatisan, relawan, serta Masyarakat, Haji Herman berjalan kaki mengelilingi pasar Sungai Guntung untuk mendengarkan keluh kesah pedagang.

Calon Bupati Indragiri Hilir (Inhil) itu tampak menyambangi para pedagang satu persatu sambil berdialog mengenai kondisi pasar Sungai Guntung Kecamatan Kateman.

"Ini menjadi momen penting di 66⁶celah kampanye saya, tentu saja bisa mendengar langsung keluhan pedagang," kata Haji Herman calon nomor urut 4 itu, Minggu (13/10/2024) siang.

Salah seorang pedagang menyampaikan keluhannya mengenai kondisi pasar Sungai Guntung dan turunnya daya beli. Kurangnya pengunjung pasar akibat murahnya harga jual kelapa.

"Sepi pak. Mungkin harga kelapa belum naik. Mohon dibantu gimana caranya agar harga kelapa bisa stabil, dan juga tolong perhatikan kondisi pasar kami," kata salah seorang pedagang.

Beberapa permasalahan yang menjadi keluhan Masyarakat mengenai kondisi Pasar Sungai Guntung, baik mengenai sampah hingga kurang berfungsi drainase pembuangan air.

"Pasar Sungai Guntung ini sangat padat, perlunya penataan yang baik dan menjaga kebersihan lingkungan," sambungnya mengatakan.

Menanggapi keluhan pedagang itu, Haji Herman memaparkan mengenai strategi peningkatan perekonomian Masyarakat melalui Program Aksi Ekonomi Hebat sebagai pemaparan visi misinya.

"Program prioritas kami mengenai perbaikan kebun kelapa. Mulai dari pembangunan kanal, tanggul dan bendungan," papar Haji Herman Calon Bupati yang berpasangan dengan Yuliantini itu.

Selain itu, Haji Herman bersama Yuliantini juga berkomitmen mendorong pengembangan produk unggulan desa berbasis potensi lokal seperti pertanian, perkebunan, peternakan, dan kerajinan tangan.

"Melalui program itu nantinya, akan membawa kesejahteraan keluarga petani," jelasnya.

Untuk memperlancar distribusi hasil perkebunan nantinya, Haji Herman-Yuliantini telah merealisasikan terminal petikemas untuk perdagangan internasional (ekspor dan impor).

"Terminal petikemas itu nantinya untuk mengangkut hasil pertanian menggunakan kapal Roro di parit 21 Tembilahan," sambungnya menjelaskan.

Hal itu bertujuan untuk menstabilkan harga kelapa melalui ekspor dan hilirisasi pengolahan kelapa yang siap dikirim/dijual ke luar negeri.

"Jika aktivitas ekspor ini jalan maka geliat perekonomian Masyarakat akan meningkat. Karena hasil perkebunan dan pertanian akan dijual ke luar negeri," terangnya.

Mengenai kondisi pasar Sungai Guntung, Haji Herman melihat langsung kondisi beberapa ruas jalan yang sudah tidak layak. Termasuk juga kondisi los par yang harus direvitalisasi.

"Pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana jalan utama, jalan lingkungan, jalan kecamatan dan jembatan menjadi prioritas Aksi Infrastruktur Hebat.

Haji Herman bersama Yuliantini pun akan merevitalisasi pasar tradisional untuk mewujudkan pasar moderen untuk kenyamanan para pedagang dan pembeli dalam rangka merangsang perputaran perekonomian disektor rill.

Selanjutnya mengenai permasalahan sampah, Haji Herman saat menjadi Pj Bupati Inhil sudah menampung keluhan tersebut dari Masyarakat. Dan mendengar langsung pemaparan dari pemerintah kecamatan.

Haji Herman sudah meminta pihak pemerintah kecamatan untuk menyediakan tanah untuk mendirikan Tempat Pembuangan Sampah (TPA). Lahan luas salah satu persyaratan pembangunan TPA.

"Ini sudah kita bicarakan kemarin, tapi belum ada informasi mengenai kesedihan lahan itu," sambungnya.

Terkahir Haji Herman memaparkan Program Aksi Desa Hebat, yang akan merealisasikan pembangunan infrastruktur perdesaan dan kecamatan. Baik itu pembangunan jalan lingkungan termasuk pembangunan saluran air/drainase.

"Bahkan kami akan tambah anggaran kecamatan sebesar 2 Miliar agar pemerintah kecamatan juga bisa merealisasikan pembangunan," tutupnya. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak