Program Aksi Ekonomi HEBAT Haji Herman-Yuliantini, Tingkatkan Pendapatan Keluarga Petani


RIAUTODAYS, TEMBILAHAN - Dari beberapa program Pasangan Calon (Paslon), Haji Herman-Yuliantini, peningkatan pendapatan keluarga petani yang sangat menarik untuk dibahas. Apalagi Masyarakat Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau hampir 75% bergantung kepada pertanian.

Pertanian merupakan sektor terbesar Inhil, salah satu kabupaten penghasil produk pertanian terbanyak dan bervariasi di Provinsi Riau. Potensi ini menjadi fokus utama Haji Herman-Yuliantini jika terpilih menjadi Bupati Inhil pada 27 November 2024 mendatang.

Untuk menuju keluarga petani yang sejahtera, Haji Herman-Yuliantini berkomitmen memanfaatkan potensi lahan pertanian ini melalui program peremajaan kelapa dan kelapa sawit, serta perbaikan perkebunan dan pertanian Masyarakat Inhil.

"Perbaikan lahan, peremajaan, hingga program hilirisasi menjadi fokus utama kami," kata Haji Herman calon bupati nomor urut 4 itu, Jumat (4/10/2024).

Dipaparkan Haji Herman, perbaikan perkebunan lahan pertanian secara intensifikasi, dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas dari lahan yang sudah ada tanpa memperluas area pertanian. Artinya melalui perbaikan tanggul dan pemberian pupuk bersubsidi.

"Kita akan turunkan excavator untuk pembangunan tanggul, pintu klep serta pembuatan kanal agar produktifitas kebun kelapa dan kelapa sawit meningkatkan," sambungnya.

Selain kebun kelapa, lahan sawah juga harus diperhatikan dalam rangka mengembalikan Inhil sebagai lumbung padi. Lahan sawah juga perlu diberikan bantuan alat modern serta bantuan benih unggulan dalam upaya meningkatkan kualitas beras.

"Peningkatan kualitas benih yang menjadi hal utama. Karena merk beras Inhil sudah Pemkab daftarkan dan resmi yang siap dipasarkan," paparnya.

Untuk meningkatkan produksi hasil petani Masyarakat, Haji Herman mendorong kepada semua petani Inhil untuk melakukan ekstensifikasi lahan. Hal ini dalam rangka menuju petani yang sejahtera dengan melakukan pengembangan lahan pertanian baru.

"Ya dalam meningkatkan produksi hasil pertanian, maka pemerintah nantinya harus memberikan bantuan kepada petani dalam pengembangan lahan pertanian baru," tuturnya.

Namun perbaikan perkebunan kelapa dan lahan pertanian harus diimbangi dengan membangun infrastruktur yang mendukung, seperti jalan, irigasi, dan fasilitas pendukung agar Masyarakat dengan mudah memasarkan hasil produk perkebunan dan pertanian mereka.

"Makanya kehadiran pemerintahlah yang akan berperan untuk kesejahteraan masyarakat," tukasnya.

Selain perkebunan kelapa dan padi, Haji Herman-Yuliantini juga akan mendorong para petani untuk melakukan diversifikasi sebagai upaya mengembangkan berbagai jenis tanaman dalam rangka mendukung program ketahanan pangan.

"Petani harus mengimbangi dengan menanam berbagai tanaman hortikultura, serta pengembangan usaha peternakan untuk meningkatkan pendapatan mereka," 

Pemerintah juga akan berupaya meningkatkan pemasaran produk diversifikasi. Maka dibuka pelabuhan Roro dalam rangka membangun saluran pemasaran yang efektif, termasuk pemasaran online dan kerjasama dengan pengecer lokal.

"Hadirnya kapal Roro nantinya. Petani bisa menjual hasil pertaniannya ke Batam," terangnya.

Terakhir Haji Herman mengatakan, dengan menerapkan intensifikasi, ekstensifikasi, dan diversifikasi, petani tidak hanya dapat meningkatkan pendapatan mereka tetapi juga memperkuat ketahanan ekonomi keluarga. 

Namun, kata Haji Herman, dukungan dari pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor swasta juga sangat penting untuk memastikan keberhasilan strategi ini agar program Ekonomi Hebat tercapai dan berkesinambungan.

"Melalui kebijakan pemerintah nantinya, insyaAllah keluarga petani Inhil akan sejahtera," tutupnya.

Berikut program Aksi Desa HEBAT yang merupakan visi misi Haji Herman-Yuliantini:

1. Penyediaan Jaringan Internet sampai ke desa

2. Mengembangkan desa-desa dengan potensi budaya dan sejarah sebagai destinasi wisata

3. Peningkatan infrastruktur perdesaan berbasis swakelola

4. Meningkatkan peran BUMDes sebagai motor penggerak ekonomi desa

5. Penambahan insentif RT/RW, LPM dan Kader Posyandu

6. Program desa maju desa mandiri Inhil hebat dalam pendampingan pembangunan desa

7. Peningkatan keagamaan melalui rumah Tahfiz dan Inhil mengaji dalam upaya pengentasan buta aksara baca Al-Qur'an

8. Pembangunan dan perbaikan infrastruktur perdesaan seperti jalan desa, jalan usaha tani dan irigasi dalam memperlancar distribusi produk lokal dan meningkatkan daya saing

9. Mendorong produk unggulan desa berbasis potensi lokal seperti pertanian, perkebunan, peternakan dan kerajinan tangan melalui program pelatihan akses teknologi dan pendampingan usaha.

Program Aksi Ekonomi HEBAT

1. Peningkatan pendapatan keluarga petani dengan intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi

2. Menstabilkan harga kelapa melalui ekspor dan hilirisasi pengelolaan kelapa

3. Revitalisasi pasar tradisional dan mewujudkan pasar modern 

4. Pembangunan trio tata air (kanal, tanggul, dan bendungan) dalam upaya penyelamatan perkebunan Masyarakat 

5. Peningkatan kualitas dan kuantitas Inhil menuju swasembada beras

6. Pembentukan kelompok usaha bersama petani dan nelayan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan melalui bantuan peralatan dan perlengkapan

7. Membuka terminal peti kemas untuk perdagangan internasional (ekspor impor)

8. Membuka akses angkutan jarak jauh menggunakan kapal Roro

9. UMKM hebat berbasis digital

10. Mendorong pengembangan UMKM hebat melalui pelatihan kewirausahaan, akses permodalan, dan pendampingan usaha

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Kodim 0314/Inhil

Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir

Formulir Kontak